Kamis, 01 Juli 2010

Apa Citra diri itu ?

Setiap orang memiliki Citra Diri yang merupakan gambaran tentang diri sendiri, suatu konsepsi tentang : seperti apa Aku ini atau siapa kah Aku ini. Gambaran ini hidup di dalam diri seseorang, dan selalu mengikuti kemana orang itu pergi. Gambaran ini menjadi pemandu jalan hidup seseorang, mengendalikan sikap, perilaku, perasaan dan kemampuan-kemampuan seseorang

Dalam bukunya Think yourself Rich, Joseph Murphy mengatakan bahwa Pikiran adalah Citra. Artinya bila anda berpikir, bentuk pikiran itu muncul sebagai sebuah gambaran mental. Sebagai contoh bila saya menyebutkan sebuah nama seekor binatang misalkan “ Gajah “, apa yang muncul dalam pikiran anda ? sudah pasti gambar seekor gajah muncul dalam benak pikiran anda, bukan ? Jadi sebetulnya kita berpikir dalam bentuk gambar-gambar. Gambar inilah yang kita kenal dengan citra.

Setiap orang sudah pasti melukiskan dirinya dalam bentuk suatu gambaran mental. Dan gambaran mental yang tertanam kuat di dalam pikiran seseorang, maka orang itu akan menjadi seperti apa yang di gambarkannya. Gambaran mental ini kemudian menjadi keyakinan seseorang bahwa itulah dirinya, jika keyakinan ini telah mengakar, maka kehidupan orang ini akan konsisten dengan keyakinannya. Maksudnya Semua tindakan serta perbuatan anda, perasaan anda, perilaku anda, kemampuan anda selalu – anda akan bersikap seperti yang anda bayangkan tentang diri sendiri – KONSISTEN dengan gambaran itu.

Gambaran mental tentang penilaian diri inilah yang di sebut dengan citra diri.

Sebetulnya, kita secara harafiah di hipnotis oleh citra diri kita sendiri. Kita bersikap, berprilaku , merasa dan bertindak menurut apa yang kita percayai atau di imajinasikan sebagai kebenaran tentang diri kita.

Citra diri – menurut Maxwell Maltz - adalah konsep tentang diri sendiri, dimana suatu ide atau gagasan tentang diri anda sendiri yang berbentuk suatu gambaran mental yang anda yakini sebagai kebenaran bagi diri anda.

Sebagai contoh, anda mengambarkan bahwa diri anda tidak pandai bergaul dan pemalu, lalu gambaran diri seperti ini tertanam kuat di dalam pikiran anda serta anda yakini bahwa itulah diri anda. Maka pada interaksi dengan dunia luar, anda benar-benar akan kesulitan untuk bergaul dengan orang lain, karena anda sudah membentuk suatu hambatan internal untuk menjadi orang yang sulit bergaul. Artinya anda menjadi seperti yang anda gambarkan. Anda konsisten dengan gambaran yang sudah terbentuk itu.

Dalam bahasa sehari-hari, Citra Diri sebetulnya adalah suatu Keyakinan terhadap diri sendiri dan juga merupakan Sikap Mental. Bila anda memandang diri anda secara positif – anda memelihat kelebihan yang anda miliki sebagai fokus pikiran anda – dan anda meyakini bahwa itulah kebenaran tentang diri anda, itulah keyakinan anda terhadap diri sendiri, dengan sendirinya anda akan bersikap dan berprilaku sebagaimana yang anda yakini itu.

Dari mana munculnya citra diri ini ?

Citra diri terbentuk dari sejak kita kecil dimana pengalaman hidup anda di masa lampau dan penilaian anda tentang pengalaman itu, membentuk suatu gambaran mental tentang diri anda di masa sekarang ini.
Kalau saat ini anda tidak bisa bahasa inggris, itu karena pada waktu dulu ketika anda belajar bahasa inggris, anda telah membayangkan bahwa belajar bahasa inggris itu menyulitkan, atau mungkin anda kurang suka dengan guru itu sehingga membuat anda malas untuk belajar. Dan pada akhirnya anda benar-benar tidak bisa bahasa inggris.
Ingatlah bahwa Citra Diri anda berawal dari masa kecil anda, yang di bentuk oleh lingkungan anda seperti dari orang tua anda, teman, keluarga, atau sosok yang berpengaruh pada diri anda.
Jika anda menerima omongan / ucapan seperti : Anda terlalu gemuk, Anda bodoh, anda jahat dsb, lalu anda menerima dan meresapi ide / ucapan itu tanpa bertanya. Anda hanya menerima saja omongan-omongan itu , omongan-omongan seperti ini bila terjadi berulang-ulang, dengan intensitas yang tinggi, lama kelamaan akan meresap dan menetap serta tersimpan di dalam bawah sadar anda. Sehingga anda akan selalu teringat dengan omongan itu. Anda akan sering membayangkan diri anda seperti yang di omongkan oleh orang lain. Itulah proses pembentukan citra diri seseorang. Ketika citra diri ini sudah terbentuk, dia akan menjadi keyakinan dan ingatan, dan akhirnya perilakunya akan mengikuti keyakinan ini.

Bagaimana pengaruh citra diri terhadap kehidupan ?

Citra diri sangat berdampak luas pada kehidupan kita sehari-hari. Kehidupan kita saat ini berada di sekitar citra diri kita sendiri. Kita tidak bisa melampaui nya atau lebih rendah dari citra-citra yang sudah tertanam kuat dalam pikiran kita. Oleh sebab itu, citra diri merupakan pondasi bagi kehidupan kita.

Pengaruh Citra Diri pada sikap dan perilaku anda :

 Secara total mempengaruhi cara anda bermasyarakat.
 Mempengaruhi bagaimana anda akan bereaksi terhadap orang lain.
 Mempengaruhi bagaimana anda berkontribusi terhadap masyarakat.
 Citra diri yang lemah akan membimbing seseorang untuk mengarah ke perasaan rendah diri dan hilangnya
    rasa percaya diri, serta kurangnya semangat.
 Citra diri yang lemah dapat membimbing anda untuk mudah membenci orang lain, cemburu kepada orang lain, mudah untuk marah dan yang berbahaya adalah melakukan tindakan destruktif.

Pengaruh Citra Diri pada kehidupan anda :

 Bisa membuat anda merasa punya berkemampuan tinggi, bisa membuat anda merasa lemah.
 Bisa membuat anda merasa pintar, bisa membuat anda merasa bodoh.
 Bisa membuat anda ceria, bisa membuat anda cemberut
 Bisa membuat anda sukses, bisa membuat anda gagal
 Bisa membuat anda kaya , bisa membuat anda miskin
 Bisa membuat anda bahagia, bisa membuat anda menderita.

Selain sebagai pondasi, citra diri juga berperan sebagai pengendali kehidupan kita. Sebetulnya anda sukses atau gagal dalam melakukan suatu tindakan, tidak banyak di pengaruhi oleh kemauan anda, namun lebih kuat di pengaruhi oleh Citra diri anda, misalkan anda ingin menjual sesuatu kepada seseorang, dimana anda merasa sepertinya anda tidak mampu untuk menjual kepada orang tersebut, ada suatu perasaan kurang yakin. Apa yang anda rasakan akan menjadi kenyataan. Dan sewaktu anda berjumpa dengan calon pembeli, rasa tidak yakin ini memenuhi pikiran anda, karena di dalam benak anda sudah di penuhi ketidak yakinan, maka sikap dan perilaku anda pun juga tidak mencerminkan rasa semangat, dan pada akhirnya anda akan mengalami kegagalan dalam menjual.

Apakah citra diri dapat di ubah ?

Citra diri dapat di ubah bila kita menghendakinya. Dengan tekad yang kuat dan berdisiplin kita pasti bisa merubah citra-citra negatif yang ada dalam diri kita menjadi jauh lebih baik.
Anda bisa berubah kapan saja, tidak tergantung pada usia. Memang pada usia lanjut agak lebih sulit, karena akar nya sudah begitu kuat. Jadi membutuhkan waktu yang lebih lama dan upaya lebih keras.
Pada prinsipnya, citra diri dapat di ubah, sesuai dengan maksud dan tujuan anda, bila citra diri anda selaras dengan tujuan-tujuan anda, akan dengan mudah anda mencapai keinginan-keinginan anda.
Memang sebaiknya Citra Diri Harus dikondisikan, diperkuat dan dipersiapkan untuk Keberhasilan yang anda Inginkan. Anda harus secara teratur mengevaluasi citra diri anda, melakukan perbaikan dan pengembangan lebih lanjut, sehingga selaras dengan tujuan-tujuan serta sasaran hidup anda.

Apa manfaat mengubah citra diri ?

Citra diri adalah pemikiran atau ide yang anda tanamkan ke dalam pikiran anda, dan anda yakini sebagai kebenaran tentang diri anda. Bila anda menanam bibit pikiran yang baik, maka citra diri anda akan menjadi baik. Dan citra diri yang baik akan menghasilkan buah-buah yang manis.

Buah dari citra diri yang baik dan positif , antara lain :

 Self-Esteem ( harga diri , percaya diri, menghormati diri sendiri , penerimaan diri ) yang sehat.
 Kebahagiaan dan Kedamaian.
 Kebebasan.
 Rasa bangga terhadap diri sendiri.
 Meningkatnya kemampuan diri.
 Semangat dan Gairah Hidup yang lebih kuat.

Itulah buah-buah manis yang bisa anda dapatkan seandainya anda memiliki citra diri yang baik dan positif.
Jangan biarkan diri anda di kuasai oleh citra-citra negatif. Bebaskan diri anda dari pengaruh negatif untuk hidup lebih sukses, bahagia dan sejahtera.
Mulai sekarang lihatlah ke dalam diri anda, seperti apa aku ini. Jika anda belum puas dengan citra-citra anda saat ini, cari dan temukan citra-citra lain yang sesuai yang anda inginkan. Bentuklah citra yang lebih baik yang membangkitkan harga diri, rasa percaya diri dan semangat dan kemudian praktekkan dalam kehidupan anda sehari-hari.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar