Sabtu, 03 Juli 2010

Citra diri dan Kehidupan

Apa yang sebenarnya di inginkan oleh setiap orang adalah Hidup lebih hidup – bergairah hidup, hidup yang bebas dan hidup penuh makna; dimana kita dapat merasakan suatu pengalaman menjalani kehidupan yang tak terhambat oleh batas-batas citra diri.
Namun kebanyakan orang terbelenggu oleh citra-citra negatif yang telah tertanam di dalam bawah sadarnya, sehingga mereka lebih sering mengeluhkan bahwa kehidupannya tidak memuaskan. Hidup dalam rutinitas yang sangat membosankan.
Bila saat ini anda merasakan bahwa kehidupan anda tidak memuaskan, atau anda hidup dalam rutinitas yang membelenggu, dan anda tidak secara bebas mengekspresikan diri anda. Amati diri anda dan renungkan apa yang belum tepat yang sudah anda lakukan dan apa yang selalu anda pikirkan !!!. Lalu rubahlah gambaran mental anda, maka kehidupan anda akan berubah.
Untuk benar-benar hidup lebih hidup atau dengan kata lain kita seharusnya dapat merasakan kehidupan ini memuaskan, damai, tenang dan bebas. Kita harus mempunyai citra diri yang memadai, positif dan realistik yang dapat kita terima. Citra diri itu yang memadai, realistik dan positif memiliki kriteria seperti di bawah ini :

Kita harus mengenal diri sendiri, baik kekuatan maupun kelemahan dan jujur dengan diri sendiri.
Anda harus bersedia untuk meluangkan waktu dan melakukan eksplorasi terhadap diri sendiri untuk menemukan kekuatan dan kelemahan diri. Dalam eksplorasi ini anda perlu merenungkan semua pengalaman hidup anda selama ini, lihatlah satu per satu pengalaman hidup anda. Bila anda telah menemukan kekuatan dan kelemahan diri anda, tuliskan semua itu.
Lalu lepaskan semua kekurangan atau kelemahan anda, dan mulailah berfokus pada kekuatan dan kelebihan yang anda miliki.
Setiap orang tentu mempunyai kekuatan dan kelemahannya masing-masing, sama seperti anda. Jadi untuk apa anda harus berkecil hati dengan terus menerus memandangi kekurangan anda, lepaskan dan serahkan kepada Tuhan. Yakinilah bahwa semua kekuatan dan kelebihan itu adalah anugerah dari Yang Maha Kuasa, yang di berikan kepada anda untuk menjalani hidup yang sukses dan bahagia.

Kita harus dapat menerima diri kita sendiri.
Menerima diri sendiri adalah point yang sangat penting, sebab dengan kemampuan untuk menerima diri sendiri, maka kita sudah bisa menenangkan hati kita sendiri, yang kemudian akan muncul rasa percaya pada diri sendiri.
Dengan menerima diri sendiri beserta bakat dan kemampuan yang kita miliki, maka harga diri akan lebih sehat. Kita tidak akan lagi merasa rendah diri.
Prilaku kita akan berubah menjadi lebih baik, dan selanjutnya citra diri kita pun ikut meningkat.

Kita harus dapat yakin dan percaya pada diri kita sendiri.
Kalau anda sudah tahu persis apa yang menjadi kelemahan dan kekuatan anda, dan memfokuskan perhatian pada kelebihan dan kekuatan yang anda miliki, dengan sendirinya anda akan menjadi lebih percaya diri.
Anda akan mengerjakan sesuatu sesuai dengan yang anda percayai dan mengerjakannya dengan penuh keyakinan.

Kita harus mempunyai diri yang tidak membuat malu, yang dapat secara bebas anda ekspresikan secara kreatif, daripada anda sembunyikan atau anda tutupi.
Kalau anda memandang diri sendiri terus pada kekurangan dan kelemahan, bisa jadi anda menjadi malu untuk mengekspresikan diri, anda akan lari untuk sembunyi, dan keberanian anda akan sirna. Ini akan membuat anda semakin kecewa terhadap diri anda sendiri.

Citra diri yang kita kembangkan haruslah penggambaran yang masuk akal tentang “ diri kita “, tidak kurang dan tidak lebih sesuai dengan apa adanya.
Citra diri yang kita bangun, bukanlah suatu citra yang fiktif, kita harus mengenali diri kita sendiri. Kenal betul siapa anda yang sebenarnya. Dan anda terus mengingat-ingat seperti apa diri anda itu.

Kriteria-kriteria ini lah yang selayaknya anda bentuk dan kembangkan pada diri anda. Anda bisa berubah dari apa pun menjadi apa pun dengan mengubah Citra Diri anda, dengan memberikannya kebenaran baru.
Anda tidak pernah terlalu muda atau terlalu tua untuk mengubah citra diri anda dan mulai menjalani kehidupan baru yang luar biasa berbeda.
Bila anda telah merubah dan menyelaraskan apa yang anda miliki dari dalam diri anda sendiri, sudah barang tentu citra diri anda akan jauh lebih positif dari pada sebelumnya, dimana anda akan merasakan sesuatu yang lebih bebas dalam mengekspresikan diri anda.
Anda bisa melakukannya sendiri. Anda mempunyai kemampuan untuk merubah diri anda jauh lebih baik dari yang saat ini anda alami. Berubahlah untuk hidup yang lebih baik.

Change your self-image, change your life.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar