Sabtu, 03 Juli 2010

Citra Diri Merupakan Cerminan Nilai Diri

Nilai adalah apa yang anda anggap penting dan anda hargai. Sesuatu yang anda anggap penting tentu itu bernilai buat anda, bukan ?
Kalau anda ingin membeli sebuah rumah, apa yang perlu anda pertimbangkan ?
Mungkin anda melihat lokasi tempat rumah itu berada, seperti apa kualitas bangunan rumah itu, seperti apa interior rumah itu, seberapa lebar jalan masuknya. Apa yang anda cari ini semuanya adalah merupakan nilai dari sebuah rumah. Dengan kata lain sesuatu yang penting buat anda.
Bila banyak terdapat hal-hal yang penting dari rumah itu, tentu anda akan menilai rumah itu sangat tinggi, tetapi bila hal-hal yang penting yang anda inginkan itu tidak begitu banyak, maka anda akan menilainya dengan lebih rendah terhadap rumah itu.
Nah.., sekarang bagaimana dengan Nilai Diri anda, apa yang menurut anda penting yang harus anda miliki di dalam diri anda sehingga anda bernilai di mata orang lain.
Sekalii lagi, nilai adalah sesuatu yang anda anggap penting, anda hargai dan membuat anda termotivasi untuk mengejar sesuatu yang anda anggap penting tersebut.
Kalau anda menganggap “ Uang “ adalah penting, anda dengan sendirinya akan memfokuskan diri untuk mengejar uang ; anda akan memutar otak anda untuk mendapatkan ide- ide kreatif, menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain, mengkomunikasikan produk dan jasa anda kepada publik, agar bisa mendapatkan uang sehingga keinginan anda terwujud. Kalau anda menganggap penting tentang “ Kesehatan “ anda bisa termotivasi menjalani hidup sehat, dengan sukarela anda akan menjalani olah raga dengan teratur, memilih makanan yang menyehatan, beristirahat cukup dan lain sebagainya. Jika sukses itu penting bagi kehidupan anda, dengan sendirinya anda akan bergerak mengejar kesuksesan tersebut, anda akan belajar lebih banyak agar bisa menjadi orang yang unggul, bekerja lebih keras, memanfaatkan waktu dengan sebaik – baiknya, bergaul dengan orang – orang sukses, melakukan tindakan – tindakan yang terfokus pada tujuan.
Tetapi ketika kita salah memberikan suatu nilai untuk diri kita, maka kita akan mengejar sesuatu yang salah dan dampaknya mungkin kegembiraan maupun kebahagiaan yang anda peroleh itu hanyalah semu belaka.
Apakah anda akan termotivasi, bergairah, bersemangat dan mengalami kebahagiaan , sangat bergantung dari nilai – nilai apa yang anda anut.
Jika anda ingin sukses, tetapkanlah nilai – nilai yang selaras dengan apa yang menjadi tujuan anda. Nilai yang selaras akan memberikan energi pendorong bagi anda, juga sebagai kompas untuk arah hidup anda, serta merupakan dasar pertimbangan dalam setiap pengambilan keputasan penting menyangkut hidup anda. Inilah yang menggerakkan diri anda untuk mengejar tujuan dan sasaran yang anda tetapkan.
Anda perlu meluangkan waktu untuk merenungkan dan menyusun nilai – nilai penting anda, bertanyalah pada diri anda “ apa yang aku anggap penting ? “ ; tuliskan nilai – nilai anda itu ; lalu berikan definisi atas setiap nilai yang anda tuliskan itu, sebagai pedoman – misalnya anda menetapkan kesehatan sebagai nilai diri anda - untuk memberikan definisi atas nilai tersebut bertanyalah pada diri anda lagi “ apa yang harus terjadi agar aku …” sehat “…. ? “. Setelah anda mendefiniskan nilai anda itu lalu jalani hidup anda sesuai dengan nilai – nilai tersebut.
Apa yang menjadi nilai-nilai anda akan tercermin keluar, kalau anda menganggap penting tentang kesehatan, maka anda akan berupaya keras agar bagaimana anda tetap bisa sehat, dan perilaku ini muncul sebagai citra diri anda. Tanpa anda sadari anda telah menampilkan suatu citra diri sebagai orang yang sehat. Jadi nilai-nilai yang anda anut serta anda jiwai dan terserap sampai ke saraf-saraf, maka dia akan muncul sebagai Citra Diri.
Ada kemungkinan anda bisa salah dalam menetapkan suatu nilai bagi diri anda. Bila nilai-nilai yang anda tetapkan menimbulkan kejanggalan, hambatan atau terjadi pertentangan dalam diri anda, hal ini terjadi karena munculnya ketidak selarasan antara keinginan dan nilai itu. Disini pasti terjadi kekeliruan dalam penetapan nilai diri. Dalam hal ini, anda harus cepat sadar diri , kemudian segera perbaiki nilai-nilai anda itu, Nilai yang tepat akan mendorong, sedangkan nilai yang salah akan menghambat.
Di sini anda harus peka terhadap dampak dari nilai diri yang anda tetapkan itu, anda harus monitor sampai sejauh mana dampak nya, jika memberikan dorongan dan semangat, maka nilai itu sudah tetap, tetapi bila mengganggu atau menghambat maka nilai itu perlu di sesuaikan atau di perbaiki atau di ganti.
Tetapkan apa yang penting untuk hidup anda, untuk kebahagiaan anda, dan jalanilah dengan tulus dan ikhlas sesuai ketetapan yang telah anda buat itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar