Sabtu, 03 Juli 2010

Anda sebaik yang anda rasakan

Apakah anda sering mengalami perasaan negatif ? Perasaan negatif itu antara lain seperti : rasa benci, rasa cemburu, rasa takut, rasa bersalah, marah, cemas, gelisah ragu-ragu dan merasa menjadi korban keadaan.
Jika perasaan negatif ini sedang menyelimuti diri anda, berarti citra diri anda sedang dalam keadaan negatif.
Jika perasaan negatif ini sering muncul dan anda selalu larut dengan perasaan ini, kemungkinan anda akan mengalami penurunan citra diri, dimana citra diri anda akan semakin merosot. Karena anda adalah apa yang anda pikirkan, anda ucapkan dan anda lakukan berulang-ulang. Bila anda suka marah-marah dan menjadi kebiasaan, maka citra diri anda adalah sebagai seorang pemarah, ini tentunya bukan citra diri yang positif.
Citra diri yang positif, selalu berkaitan dengan hal-hal yang positif, yaitu emosi yang positif seperti keceriaan, kedamaian, ketenangan, harga diri yang sehat, percaya diri dsb.
Sesungguhnya perasaan itu adalah cerminan atau pantulan dari apa yang sedang kita pikirkan. Bila anda sedang memikirkan hal-hal yang negatif, maka perasaan negatif itu akan hadir menyertainya. Dan sebetulnya perasaan itu adalah sinyal untuk memberitahukan kepada anda, apa yang sedang terjadi di dalam pikiran anda.
Kalau anda menginginkan agar citra diri anda tetap positif, maka anda harus membangun kesadaran saat ini, dimana anda akan lebih peka terhadap apa yang sedang terjadi di dalam diri anda.
Kepekaan ini penting, karena dengan semakin anda peka terhadap apa yang sedang anda rasakan, anda dengan mudah dapat mengetahui dalam kondisi apa anda sekarang berada. Dengan demikian anda akan bisa lebih mudah dan cepat untuk merubah keadaan anda, sebelum anda larut dalam negatifitas dan merusak citra diri anda sendiri. Sehingga anda bisa tetap memperahankan Citra diri anda yang positif.
Untuk membantu anda mengatasi perasaan-perasaan yang negatif, dan membalikkan keadaan menjadi lebih positif, damai dan tenang dalam diri anda, berikut di bawah ini tips mengatasi perasaan negatif, cobalah untuk anda praktekkan, dan anda pasti dapat membalikkan suasana hati anda.

Tips menghapus perasaan negatif seketika :

 Jika anda merasa iri hati atau cemburu terhadap kesuksesan atau kekayaan orang lain, ini adalah energi negatif yang melemahkan kekuatan anda, untuk itu anda perlu menghapuskan nya, caranya :
Bayangkan orang yang anda cemburui atau kepada siapa anda merasa iri hati itu lalu affrirmasikan : Tuhan akan melipat gandakan kebaikan dalam diri anda.

 Jika anda sedang terpikir tentang kekurangan uang. Atau keuangan anda sedang menipis. Jika anda berpokus pada kekurangan ini, maka anda akan semakin kekurangan. Untuk membuang energi negatif ini affirmasikan :  Tuhan adalah sumber abadiku, dan semua kebutuhanku di penuhi sekarang juga.

 Mungkin suatu saat anda tertarik tentang sesuatu, misalkan mobil baru atau rumah atau barang-barang yang anda sukai, namun anda terpikir bahwa anda tidak mempunyai uang untuk membelinya, artinya merasa kekurangan. Kalau anda biarkan perasaan ini, anda akan merasa tidak puas dan benci dengan diri anda sendiri dan untuk mengatasi perasaan ini affirmasikan : Mobil ini di jual. Ini adalah gagasan Ilahi dan aku akan memperolehnya dalam aturan ilahi.

 Jika anda sedang bersaing untuk mendapatkan suatu job dalam suatu projek, mungkin ada perasaan cemas dan takut untuk persaingan ini. Jangan biarkan perasaan cemas dan takut ini menguasai diri anda. Atasi perasaan ini agar anda merasa tenang dan damai, affirmasikan : Aku menerima penugasan dalam proyek ini, atau sesuatu yang lebih baik, lebih menyenangkan sesuai dengan aturan Ilahi.

 Jika anda sedang cemas atau takut tentang kelangsungan bisnis atau usaha anda, atau anda ingin agar lebih banyak pembeli memasuki toko anda, affirmasikan : Setiap orang yang memasuki tokoku, di berkati, di anugerahi kesejahteraan, dan di perkaya dalam segala hal.

 Jika anda sedang terpikir tentang hutang yang belum terbayar. Atau mencemaskan hutang-hutang anda.
Affirmasikan : Tuhan adalah sumber abadi-ku, dan hutang ini akan terbayar sesuai aturan Ilahi.

 Jika anda merasa tidak mampu, tidak cakap, tidak pandai, tidak kompeten untuk mengerjakan suatu pekerjaan atau tugas. Affirmasikan : Dalam Tuhan, tidak ada yang tidak mungkin.

 Bila tiba-tiba perasaan dendam dan permusuhan muncul saat anda bertemu dengan orang yang anda musuhi. Affirmasikan : Semoga anda sehat, bahagia, sejahtera dan kasih Tuhan memenuhi jiwa mu.

 Bila anda merasa sakit hati, dan merasa menjadi korban atas ketidak-adilan
dari perlakuan orang lain. Affirmasikan : Semoga kasih Tuhan memenuhi jiwa anda.

 Bila anda mengalami kegagalan dan tidak bisa menerima kegagalan ini. Affirmasikan : Tuhan sedang menunjukan sesuatu yang lebih baik.

Citra diri yang positif adalah perasaan baik ( feeling good ).
Bila anda masih merasakan perasaan-perasaan yang tidak nyaman, sebetulnya ini adalah sinyal yang menunjukkan bahwa citra-citra yang anda bentuk pada diri anda masih belum sesuai dengan keinginan anda.
Anda harus melihat kembali citra-citra diri anda, dan memperbaiki hingga anda menemukan suatu perasaan yang nyaman.

Pembaca yang budiman, jangan membiarkan perasaan negatif menguasai anda, karena dia akan merusak citra diri anda. Kembangkan kesadaran saat ini, dan rubahlah segera mungkin bila anda merasakan perasaan negatif dengan menggunakan teknik affirmasi.


2 komentar: