Sabtu, 03 Juli 2010

Membangun Self-Esteem yang sehat dan kuat

Memiliki self-esteem yang sehat dan kuat membuat seseorang akan merasa hidup lebih bebas, memiliki perasaan percaya diri yang mantap dan seantiasa bergairah. Yang semuanya ini merupakan energi yang sangat kuat yang mampu mendorong seseorang untuk bertindak untuk menggapai keberhasilan dalam hidupnya. Karena sebenarnya keberhasilan dan kegagalan seseorang itu bukan terletak kurangnya dalam tindakan yang di lakukannya, namun lebih mengarah pada kuat atau lemahnya self-esteem seseorang. Semakin kuat self-esteem seseorang, kemungkinan untuk berhasil itu sangat tinggi. Sebab rasa percaya diri dan gairahnya yang begitu besar, maka mereka mampu menghadapi segala rintangan dan keluar sebapai pemenang.
Oleh karena itu sangatlah penting untuk membangun self-esteem yang sehat dan kuat, dan untuk ini dibutuhkan langkah-langkah untuk pembentukannya, yaitu :

1. Menemukan siapa diri kita yang sebenarnya

Pernahkah anda bertanya siapa diri anda yang sebenarnya ? jarang ada orang yang dengan sengaja bertanya seperti ini. Kebanyakan mereka hanya menjalani hidupnya tanpa tahu untuk apa mereka itu hidup.
Cobalah anda renungkan dan bertanya kepada diri sendiri, siapa diri anda yang sebenarnya ? pejamkan mata anda, telusuri di dalam pikiran anda seperti apa sebenarnya diri anda itu !.
Apakah anda sudah puas dengan diri anda yang sekarang ini ?
Sekarang lihatlah semua kelebihan-kelebihan diri anda dan tuliskan, lalu lihatlah juga semua kekurangan-kekurangan yang ada pada diri anda dan tuliskan juga. Bacalah kembali tulisan anda itu dan amati dengan seksama.
Bila anda berfokus pada kekurangan-kekurangan yang ada pada diri anda, sudah jelas pasti anda akan merasa kecewa dan tidak puas dengan diri sendiri.
Sebalinya bila anda berfokus pada kelebihan-kelebihan yang ada pada diri anda sendiri, anda akan merasa senang, puas dan bangga terhadap diri sendiri. Inilah yang seharusnya anda memfokuskan perhatian kepada diri anda.
Sekarang, akui bahwa anda memiliki kekurangan-kekurangan seperti yang anda tuliskan itu, dengan mengakui anda akan mampu menerima kekurangan itu. Terimalah semua kekurangan ini dengan ikhlas dan tulus. Ingatlah bahwa semua orang juga mempunyai kelemahan sama seperti anda, untuk itu tidak perlu berkecil hati lagi. Kalau anda sudah bisa menerima kekurangan ini, seharusnya anda sudah bisa melupakan, artinya tidak sering memikirkannya.
Fokuskan perhatian anda pada kelebihan-kelebihan yang anda miliki. Inilah yang seharusnya anda pikirkan sepanjang hari. Dengan memikirkan hal ini, anda tidak lagi merasa berkecil hati, minder atau inferior. Sebetulnya perasaan minder dan inferior inilah yang membuat kita kehilangan rasa percaya diri dan motivasi. Oleh karena itu jangan lagi memikirkan kekurangan-kekurangan anda. hanya pikirkan apa yang baik di dalam diri anda, itu lebih bijaksana.
Langkah selanjutnya, pikirkan : anda ingin menjadi apa, anda ingin melakukan apa, anda ingin memiliki apa ? ini harus anda renungkan dengan seksama dan cermat, karena ini menyangkut hidup anda hari ini dan seterusnya. Pastikan anda menuliskan semua ini.
Sebaiknya libatkan hati anda untuk merenungkan hal ini, jangan menginginkan sesuatu karena orang lain menginginkan atau anda ingin menjadi orang lain. Inginkan sesuatu karena anda ingin menjadi diri anda sendiri.
Kalau anda sudah menemukan apa yang anda inginkan, gabungkan dengan semua kelebihan-kelebihan yang anda miliki. Dari sini buatlah suatu rancangan tentang sasaran, tujuan atau target yang ingin anda alami dalam hidup anda.

2. Memprogram ulang Pikiran anda.

Setelah anda mengetahui apa saja kelebihan yang anda miliki, anda juga sudah menentukan pilihan untuk menjadi apa, melakukan apa dan memiliki apa. Dan juga anda sudah menyusun rencana kerja tentang sasaran, target dan tujuan anda. Semua ini harus anda tanamkan di dalam pikiran anda. inilah bibit-bibit yang nantinya anda harapkan akan berbuah sesuai harapan anda. Kalau anda tidak menanam suatu bibit sudah jelas anda tentu tidak bisa mengharapkan sesuatu berbuah dan bisa anda nikmati buah itu, bukan ?. kalau anda ingin menjadi orang sukses, bayangkan diri anda adalah seorang yang sukses, lihatlah di dalam pikiran anda kesuksesan-kesuksan yang anda dapatkan. Bentuklah suatu gambaran mental tentang kesuksesan yang anda inginkan itu. Pelihara gambaran mental ini agar tetap tertanam dengan kuat, dan jangan lupa anda sirami terus menerus dengan keyakinan bahwa anda sudah sukses. Kalau keyakinan anda telah begitu kuat terhadap gambaran mental yang anda bentuk, anda akan merasakan sesuatu di dalam diri anda, ini memang agak sulit di ungkapkan dengan kata-kata, namun bisa dirasakan. Yang mudah di kenali hanyalah suatu dorongan yang terus-menerus mendorong kita untuk berbuat sesuatu.
Kalau yang saya sebutkan ini sudah muncul, lakukan sesuatu atas dorongan yang muncul itu, jangan di tunda-tunda lagi.
Gambaran yang anda bentuk itu harus anda ingat-ingat setiap saat, anda tidak boleh lagi melupakan gambaran ini, sebab ini adalah milik anda, maka anda wajib untuk memelihara dan menjaganya.
Kalau anda sudah memiliki gambaran mental yang jelas, dan pasti yang benar—benar anda inginkan, sebaiknya anda secara selektif memilih informasi – penglihatan dan pendengaran – untuk anda pikirkan dan simpan di dalam pikiran anda. mengapa demikian ? , karena setiap informasi yang masuk dapat mengganggu keyakinan anda sehingga hati anda goyah lagi.
Kalau informasi itu baik dan mendukung hasrat anda, silahkan di pertimbangkan. Namun bila informasi itu jelas menganggu keyakinan anda, sebaiknya anda singkirkan.
Adakalanya hasrat yang kita miliki itu ketika kita sampaikan kepada orang lain, kita tidak mendapatkan respons yang baik, sebaliknya malah kita mendapatkan cibiran atau menjadi bahan tertawaan orang lain. Untuk ini anda tidak perlu mempedulikan. Biarkan saja. Jalanlah sesuai dengan keyakinan anda.

3. Jangan membandingkan diri dengan orang lain.

Anda tahu, dalam sehari anda berjumpa dengan banyak orang, melihat banyak hal dan mendengar banyak suara, betul ndak ?
Apa yang anda lihat, anda dengan, semua ini dapat mempengaruhi pemikiran dan keyakinan anda.
Anda melihat seseorang yang lebih kaya, memiliki rumah yang lebih besar dan mewah dari pada anda, ketika anda melihat tentu ada perasaan ingin membandingkan diri anda dengan diri orang itu.
Bila anda membandingkan diri anda dengan orang lain, tentu anda akan merasa inferior, berkecil hati dan tidak puas. Dan ini sangat merusak bagi self-esteem anda.
Sebaiknya anda tidak membandingkan diri anda dengan siapa saja. Hanya bandingkan kemajuan diri anda hari ini dengan hari kemarin, seminggu yang lalu, sebulan yang lalu atau setahun yang lalu. Bila anda tidak mengalami kemajuan pada hari ini di bandingkan dengan seminggu yang lalu, anda patut untuk mencemaskan diri anda. Tapi jangan mencemaskan diri anda saat anda bertemu dengan orang yang lebih kaya, lebih sukses dan lebih mapan dari anda. Biarkan saja lihat dan lupakan. Ingatlah yang ini : Anda adalah anda. Anda adalah unik dan berbeda dengan siapa saja.

4. Selalu mempertahankan perasaan sukses

Untuk mempertahankan rasa percaya diri dan semangat anda tetap konstan dan memiliki daya dorong yang memadai untuk memacu kinerja anda. sebaiknya kita harus menciptakan sendiri pemicu daya dorong itu agar muncul setiap saat kita butuhkan. Bagaimana caranya ?
Pertama-tama, buatlah diri anda rileks dan nyaman, pejamkan mata anda, aturlah nafas anda sedemikian rupa sampai anda merasa nyaman.
Bayangkan kembali pengalaman-pengalaman sukses yang pernah anda alami di masa lampau, misalkan anda pernah sebagai juara kelas atau pernah mendapatkan piagam atas prestasi penjualan melampau target dan lain sebagainya. Saya percaya setiap orang pasti pernah mengalami suatu pengalaman sukses, entah apa bentuknya pasti di milikinya.
Ketika anda membayangkan pengalaman ini lihatlah dengan jelas apa yang terjadi waktu itu, dengarkan apa yang di katakan orang-orang di sekeliling anda waktu itu dan rasakan suatu perasaan yang pernah anda rasakan waktu itu. Nikmati pengalaman ini persis sama seperti dulu waktu anda mengalaminya. Dengan melakukan hal ini perasaan senang dan gembira akan muncul kembali dan mendorong rasa percaya diri anda menguat.
Teknik ini sangat efektif untuk memelihara rasa percaya diri dan membangkitkan semangat. Dan sebaiknya anda meluangkan waktu untuk ini.
Ingatlah, bila anda melakukan sesuatu entah itu menjual atau mengerjakan pekerjaan di kantor, tanpa di sertai dengan keyakinan dan semangat, maka hasil yang anda peroleh akan kurang memuaskan.

5. Berpikir Rasional

Berpikir rasional adalah berpikir tentang Kebenaran.
Sering kali kita berpikir irrasional dengan melebih-lebihkan perasaan takut, cemas dan keraguan. Orang akan lebih mudah mengatakan “ saya tidak mampu mengerjakan sesuatu “ ; kata tidak mampu ini sering di ucapkan tanpa pernah di cobanya untuk melakukan, sehingga tidak akan pernah mendapatkan pengalaman baru, dengan mencoba seseorang akan lebih tahu sebetulnya apakah dia benar-benar tidak mampu atau ketidak mampuan itu hanya berupa imajiner saja.
Kalau kita berpikir kita tidak mampu, dan kita tidak pernah mencobanya, maka selamanya kita akan tidak bisa melakukan itu.
Kebenarannya adalah “ kalau orang lain bisa melakukan dan berhasil, anda pun seharusnya bisa “ ; karena kita di ciptakan dengan di berikan karunia yang sama, selain itu otak kita dapat belajar apa saja yang kita niatkan.
Kalau kita di kuasai oleh perasaan takut, cemas dan keraguan, inilah sebetulnya yang membuat hidup anda terbelenggu. Anda membatasi kebebasan anda sendiri.
Ketakutan dan keraguan ini yang membuat self-esteem anda melorot.
Jadi, singkirkan perasaan takut, ragu-ragu dan kecemasan. Fokuskan pikiran anda pada : menjadi, melakukan dan memiliki dengan sepenuh keyakinan anda.

6. Affirmasi positif

Affirmasi adalah semacam doa singkat, yang menjadi penegasan bagi diri kita. Apa yang anda ucapkan pada diri sendiri, lama kelamaan akan di serap oleh bawah sadar anda dan di munculkan dalam kehidupan anda sehari-hari.
Sesungguhnya anda adalah apa yang anda ucapkan pada diri sendiri sepanjang hari. Oleh karena itu berbicaralah yang baik dan positif terhadap diri sendiri.
Masaru Emoto, penulis buku The True Power of Water dan beberapa buku lain tentang penelitiannya terhadap air, penelitian yang dilakukan adalah menempatkan air di sebuah gelas atau botol dan di beri tulisan-tulisan atau ucapan-ucapan yang positif, akan menghasilkan kristal air yang indah dan terang setelah di bekukan dan di photo. Sedangkan air yang di beri kata-kata atau ucapan-ucapan yang negatif tidak menghasilkan kristal air yang indah dan terang. Menurutnya di dalam tubuh manusia rata-rata 70% tubuh manusia terdiri atas air. Bila kita sering mengucapkan kata-kata yang positif terhadap diri sendiri, maka akan berdampak positif terhadap sikap dan prilaku kita. Beliau juga menekankan bahwa “ penting hidup dengan pikiran yang positif “.
Mulai sekarang buatlah suatu affirmasi yang positif tentang siapa diri anda, ucapkan affirmasi ini pagi dan malam atau ketika anda mempunyai waktu senggang. Bila affirmasi ini telah melekat pada bawah sadar anda, maka dia akan bertindak sebagai pengingat anda.

7. Bertindak dengan cara tertentu

Setelah anda mengetahui siapa diri anda, dan apa yang anda inginkan – menjadi, melakukan dan memiliki – bertindaklah seolah-olah semua itu sudah menjadi diri anda. Dengan melakukan tindakan nyata, maka program yang anda tanamkan di dalam bawah sadar anda akan di perkuat.
Seandainya anda memilih untuk menjadi seorang manager yang hebat, bertindaklah seolah-olah anda sudah menjadi manager, melakukan tindakan-tindakan seperti layaknya seorang manager dan berprilaku seperti manager.
Hiduplah di dalam gambaran mental yang sudah anda tetapkan dan yakini, rasakan bahwa anda sudah benar-benar menjadi seorang manager.
Kalau anda masih belum berani bertindak sesuai gambaran mental anda, itu menandakan bahwa gambaran mental anda belum tertanam secara kuat di dalam pikiran anda, sehingga keyakinan anda masih belum mantap.
Keyakinan yang sudah mantap akan memberikan dorongan-dorongan yang dibutuhkan untuk mengekspresikan diri. Dorongan untuk mewujudkan menjadi kenyataan.

Saya percaya anda tentu ingin hidup sukses, bahagia dan sejahtera. Namun untuk meraih ini anda harus terlebih dahulu membangun self-esteem yang kuat dan sehat, yang membuat anda merasa nyaman, percaya diri dan bergairah. Karena self-esteem adalah faktor utama untuk meraih kesuksesan, kebahagiaan dan kesejahteraan.
Bila anda membaca tulisan ini, jangan membaca hanya sebagai pengetahuan intelektual atau hiburan pengisi waktu luang. Renungkan apa yang tertulis di halaman ini, dan praktekkan.
Akhir kata perkenankan saya menyampaikan kata-kata ini : “ Sebelum anda menemukan apa yang anda cari di sela-sela hutan beton, temukan dulu siapa diri anda yang sejati. Barulah anda tahu apa yang sebenarnya anda inginkan “ .



1 komentar:

  1. self-esteem sama dengan mencari jati diri tidak ? trimkaasih..

    BalasHapus